• Minggu, 27 November 2022

KPU Sulteng Goes To School, Edukasi Pemilih Pemula tentang Kepemiluan

- Selasa, 4 Oktober 2022 | 17:16 WIB
Komisioner KPU Sulteng Sahran Raden memberikan materi kepemiluan bagi pemula pada kegiatsn KPU Sulteng Goes To School di SMA Madani Palu, Selasa, 4 Oktober 2022. (Foto: Kiriman Sahran Raden)
Komisioner KPU Sulteng Sahran Raden memberikan materi kepemiluan bagi pemula pada kegiatsn KPU Sulteng Goes To School di SMA Madani Palu, Selasa, 4 Oktober 2022. (Foto: Kiriman Sahran Raden)

Suluhmerdeka.com - Ketua Diivisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih dan Partisipasi Masyarakat KPU Sulteng Sahran Raden mengatakan penyelenggaraan pemilu terdiri atas empat komponen yang saling terintegrasi antara satu dengan lainnya.

Baca Juga: KPU Sulteng-Komnas HAM, Ombudsman, KPID dan KI Kerjasama Perkuat Penyelenggaraan Pemilu 2024

Keempat komponen itu adalah kerangka hukum pemilu, penyelenggara pemilu, pemilih dan logistik pemilu.

"Pemilu sebagai sarana kedaulatan Rakyat menjadi sangat penting artinya bagi pemilih pemula dalam rangka mengartikulasikan dirinya untuk masa deoan bangsa," kata Sahran Raden pada kegiatan KPU Sulteng Goes to School di SMA Madani Palu, Selasa, 4 Oktober 2022.

Baca Juga: KPU RI Matangkan Penyelenggaraan Pemilu 2024 di Tengah Pandemi

Menurut Sahran, pemilih pemula yang masih dikategorikan dalam kelompok generasi Z adalah mereka yang berumur 17 -24 tahun yang rata2 pemilu 2024 mereka baru pertama kali memilih. "Jumlah mereka banyak hampir 35% dalam jumlah data pemilih kita yang ada dalam Daftar Pemilih berkelanjutan di Sulteng berjumlah," ujar Sahran.

Total pemilih di Sulawesi Tengah mencapai 2.039.701, berdasarkan data pemilih berkelanjutan 2021.

Pemilih Pemula adalah warga negara Indonesia (WNI) telah berusia 17 tahun ke atas atau telah menikah yang baru ikut berpartisipasi dalam pemilihan umum. 

Baca Juga: Surat Terbuka Untuk Menko Perekonomian, Benarkah KUR Untuk Rakyat?

"Salah satu tantangan KPU Sulteng adalah memnerikan literasi politik kepada pemilih pemula dimana mereka yang cendrung apatis terhadap politik dan pemilu," ujar Sahran.

Halaman:

Editor: Pataruddin

Tags

Terkini

X