Save the Children Berikan Program Pendidikan Dan Psikososial Bagi Korban Gempa Di Wilayah Cianjur Jawa Barat

- Senin, 28 November 2022 | 10:05 WIB
Save the Children Berikan Program Pendidikan Dan Psikososial Bagi Korban Gempa Di Wilayah Cianjur Jawa Barat (Foto / Ist)
Save the Children Berikan Program Pendidikan Dan Psikososial Bagi Korban Gempa Di Wilayah Cianjur Jawa Barat (Foto / Ist)

Suluhmerdeka.Com,Satu minggu pasca gempa bumi di Cianjur – Jawa Barat berdampak pada rusaknya 524 Satuan Pendidikan mulai dari PAUD sampai dengan perguruan tinggi termasuk Madrasah. 

 

Laporan terkini 24 November 2022 pukul 18.00 wib yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi juga mencatat sebanyak 31 siswa dan 6 guru meninggal dunia, 367 peserta didik dan 76 Guru luka-luka karena kejadian ini.  Gempa juga menghancurkan sebanyak 2.235 ruang dengan tingkat kerusakan mulai dari ringan, sedang dan berat.

 Baca Juga: Manfaat Public Speaking untuk Menunjang Karirmu

Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Cianjur terpaksa menghentikan sementara kegiatan belajar mengajar karena status tanggap darurat bencana serta tengah menghadapi tantangan yang besar terkait tempat belajar, dan aspek psikologis murid serta guru.

 

“Pendidikan adalah salah satu hak anak yang harus dipenuhi apapun situasinya termasuk dalam situasi darurat. Seperti di Cianjur, anak-anak penting untuk segera mendapatkan layanan dukungan psikososial dimana ini adalah termasuk dalam unsur pendidikan pada situasi darurat. Tujuan utama adalah memastikan anak-anak dapat mengatasi rasa khawatir, takut, cemas dan tentunya dengan bertemu teman serta guru mereka akan senang kembali belajar dan bersekolah.” Jelas Imelda Usnadibrata - Head of Education - Save the Children Indonesia

 Baca Juga: Pekerjaan dengan Prospek Tinggi yang Dibutuhkan di Masa Depan

Save the Children Indonesia bersama dengan klaster pendidikan Cianjur melakukan pendataan dengan mengidentifikasi anak dan guru yang terdampak, termasuk kondisi sarana dan prasarana sekolah.

 

Halaman:

Editor: Indrawati SuMe

Terkini

Ahli Waris Atlet Porprov Terima Santunan Rp 42 Juta

Selasa, 7 Februari 2023 | 15:18 WIB

Perhimpunan INTI Sulteng Rayakan Cap Go Meh

Minggu, 5 Februari 2023 | 08:13 WIB

Walikota Palu Hadiri Pesta Adat Tulude

Minggu, 5 Februari 2023 | 07:27 WIB

Wali Kota Sebut Masalah Parkir Belum Bisa Tertangani

Sabtu, 4 Februari 2023 | 19:21 WIB

GEMAPATAS Serentak Dilakukan Di Indonesia

Jumat, 3 Februari 2023 | 18:48 WIB

Pemkot Naikkan Insentif RT/RW 2023

Jumat, 3 Februari 2023 | 08:44 WIB
X